Jakarta, aktual.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto berdalih, tidak ada konspirasi yang dilakukan antara pemerintah dengan penyelenggara pemilu.

“Tidak ada konspirasi antara pemerintah dengan KPU dan Bawaslu. Tidak pernah ada kehendak pemerintah untuk melakukan intervensi terhadap KPU dan Bawaslu,” kata Wiranto seusai menggelar rapat koordinasi khusus tingkat menteri di kantornya, Rabu (24/4).

Wiranto meminta masyarakat tidak memercayai segala tudingan yang menyebut adanya konspirasi antara pemerintah dengan penyelenggara pemilu.

Dia menegaskan tudingan tersebut adalah fitnah dan tidak berdasar, yang digulirkan oknum untuk menciptakan kondisi seolah ada kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu.

Wiranto menekankan KPU dan Bawaslu adalah lembaga independen yang bekerja secara mandiri tanpa boleh diintervensi siapapun.

“KPU dan Bawaslu bekerja secara independen dan mandiri,” tegas dia.

Dia mengatakan sebagai bentuk transparansi, KPU sejauh ini telah berinisiatif melakukan rekapitulasi penghitungan suara pemilu secara terbuka.

Proses rekapitulasi itu dapat diakses oleh publik dimanapun dengan menggunakan telepon genggam, melalui aplikasi Situng KPU.

Ant.

(Zaenal Arifin)