Wakil Menteri ESDM Archandra Thahar memberikan presentasi saat seminar ekonomi outlook 2017 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (15/12/2016). Partai Golkar akan terus mengingatkan pemerintah untuk mempertahankan ekonomi berkeadilan untuk rakyat. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyakini penemuan migas besar (giant oil discovery) bukanlah sesuatu yang mustahil, jika beberapa (tiga) hal utama dilakukan dalam kegiatan eksplorasinya.

Informasi Kementerian ESDM yang dihimpun Selasa (4/12), hal tersebut adalah pertama apabila Indonesia mempunyai teknologi dan mau menerima teknologi baru, maka ada kemungkinan teknologi menemukan “new discovery”. “Syukur jika itu menjadikan cadangan migas besar,” kata Arcandra.

Kedua, sistem yang efisien, transparan dan akuntabel. “Maka kita berharap ini akan menjadi pilar untuk ditemukannya ‘discovery’,” tegasnya.

Dan, yang ketiga adalah “human capital” yang mumpuni, yang bisa merawat cadangan-cadangan atau “reserve” nasional yang ada di basin-basin di seluruh Indonesia, sehingga bisa menemukan “big discovery” seperti yang ditargetkan.

Penemuan cadangan minyak bumi baru yang besar merupakan solusi untuk kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat yang terus tumbuh.

(Andy Abdul Hamid)