Surabaya, Aktual.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebut ada beberapa rumah kompos di Kota Surabaya, Jawa Timur yang saat ini sudah dapat menghasilkan energi listrik.

Tri Rismaharini mengatakan beberapa rumah kompos yang dimaksud itu di antaranya rumah kompos Bratang yang mampu memproduksi sampah menjadi listrik sebesar 2 kilowatt dan rumah kompos Jambangan menghasilkan listrik sebesar 4 kilowatt.

“Pengalaman rumah kompos di Wonorejo itu bisa menghasilkan 4 kilowatt (listrik),” ujarnya, Senin (18/3).

Menurut dia, selain rumah kompos menghasilkan energi listrik, juga merupakan tempat pembuangan sampah (TPS) di kalangan masyarakat.

TPS yang dibangun tersebut berlandaskan pada sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Adapun “reduce” adalah kegiatan mengurangi sampah (membuang sampah yang tak terpakai), “reuse” adalah kegiatan menggunakan kembali sampah yang dapat digunakan dan “recycle” adalah kegiatan yang mengelola kembali (mendaur ulang) sampah.

Untuk itu, Wali Kota Risma berencana akan membangun rumah kompos baru di kawasan Tenggilis dengan harapan bisa menghasilkan listrik sebesar 4 Kilowatt. Adapun letak persisnya berada di sekitar Kantor Taman Rayon Timur, Jalan Tenggilis Tengah Nomor 1 Surabaya.

(Abdul Hamid)