Sejumlah penumpang saat akan menaiki pesawat di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (14/3). Saat ini panjang runway mencapai 2.200 meter, Idealnya runway memang memiliki panjang 3.000 meter supaya bisa naik status menjadi bandara internasional. Jadi bisa dipergunakan pesawat besar maupun berbadan lebar. Antara lain, pesawat Boeing 747, Boeing 767, hingga jenis pesawat airbus. Tentunya untuk peningkatan status bandara tersebut, butuh sinergi dari semua pihak. Termasuk peran pemerintah dalam hal ini Pemkab Malang dan TNI AU. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com – Warga Kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan, kesulitan memperoleh tiket pesawat ke Jakarta sejak dua hari terakhir dan puncaknya terjadi pada Minggu (17/7).

Salah seorang warga Palembang Ujang Latif mengatakan, harus menunda keberangkatan hingga Senin sebab tidak mendapatkan tiket penerbangan ke Jakarta untuk urusan keluarga.

“Tiket pesawat terutama untuk penerbangan hari ini sangat sulit diperoleh, karena banyak warga yang berlebaran dan pelajar pulang ke Jakarta dan beberapa kota pulau Jawa lainnya,” ujarnya.

Sejumlah petugas biro perjalanan wisata menjelaskan bahwa, semua tempat duduk pesawat milik sejumlah maskapai penerbangan nasional yang beroperasi di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang telah habis terpes

Tingginya permintaan akan tiket pesawat mengakibatkan harganya meningkat, sejumlah maskapai penerbangan yang melayani penerbanagn dari Bandara SMB II Palembang ke Jakarta menawarkan tiket pesawat dengan tarif paling rendah Rp837.000 per orang satu kali penerbangan.

Seperti biasanya seusai Lebaran, libur panjang sekolah, atau libur cuti bersama hari besar tertentu permintaan tiket pesawat selalu mengalami lonjakan, bahkan pelayanan pemesanan biasanya mulai meningkat satu bulan menjelang liburan, kata petugas biro perjalanan wisata itu menambahkan.

Sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Palembang Iskandar Hamid menjelaskan bahwa pengguna jasa angkutan udara pada akhir pekan ini kembali mengalami peningkatan karena masih banyak yang mudik Lebaran akan pulang ke daerah masing-masing dan berakhirnya masa libur sekolah.

(Nebby)