Jakarta, Aktual.com – MotoGP musim 2019 resmi dimulai pada Selasa (20/11), diawali dengan tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Trek yang menggelar seri pamungkas MotoGP 2018 itu dibuka pukul 10.00 waktu setempat (GMT+1) untuk sesi pagi hingga pukul 14.00, demikian MotoGP.com, Selasa.

Kemudian sirkuit dibuka kembali pada pukul 15.00 untuk sesi sore hingga dua jam ke depan.

Seperti apa peran tes pramusim bagi para pebalap? Sejumlah pebalap pun berbicara tentang pentingnya tes pramusim kepada MotoGP.com “Salah satu hal yang terpenting adalah mengenal motor ketika mencoba motor kalian bisa sangat cepat tapi juga bisa lambat. Menjadi cepat bukan berarti itu lebih baik, jadi kalian harus mengenal motor. Itu yang paling penting,” ungkap juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez.

Di musim 2019, Marquez akan membalap bersama rekan baru, Jorge Lorenzo, yang baru saja resmi menjadi pebalap Repsol Honda setelah hengkang dari Ducati.

Andrea Dovizioso di tim Ducati memiliki perhatian yang berbeda di dalam tes pramusim ini.

“Saya kira kami akan fokus ke kemampuan menikung. Itu masih menjadi poin utama kami dan itu adalah bagian yang sulit,” kata Dovizioso.

Ducati musim depan akan memiliki dua rider Italia dengan Dovizioso dan Danilo Petrucci, yang baru pindah dari Alma Pramac Racing.

Dovi mengatakan hal yang paling penting secara umum adalah bagaimana para pebalap harus merasa nyaman di atas motor dan tidak terlalu sering melihat catatan waktu lap.

“Memang bagus jika berada di puncak waktu latihan tapi yang paling penting adalah sebagus apa kalian di atas motor, bagaimana pergerakan kalian di atas motor. Itu yang paling berpengaruh di balapan di akhir pekan,” kata pebalap Italia itu.

Kemudian Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang akan mengenakan nomor motor 12 di musim depan mengungkapkan bahwa menemukan ritme dengan motor baru menjadi fokus utama.

“Menjadi lebih konstan, kalian tahu konsistensi setiap lap sangat penting. Benar jika kami mencoba banyak hal, tapi jika kalian menemukan satu pengaturan dan satu motor yang kalian sukai, sangat lah penting untuk melahap lap dan mencoba menemukan ritmemu sendiri,” kata Vinales.

Vinales akan membalap beserta pebalap veteran Italia Valentino Rossi musim depan.

Pol Espargaro, yang akan mendapat rekan baru Johann Zarco di Red Bull KTM Factory Racing, mengatakan tes pramusim itu penting untuk menjaga ketajaman pebalap di atas trek setelah musim liburan.

“Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menemukan jati diri kalian di atas motor dan trek, lintasan balapmu, gaya membalapmu, kemudian tergantung masalah yang kalian temukan di motor nanti. Jadi hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah harus menjadi diri kalian sendiri,” kata Espargaro.

Sementara itu, Jack Miller (Alma Pramac Racing) akan mencoba melakukan sebanyak mungkin lap ketika tes pra-musim.

“Hal pertama yang penting adalah melakukan kontak dengan motor kalian, dengan motor baru di musim baru,” kata Miller.

Seperti halnya Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), dia akan menggunakan waktu semaksimal mungkin di trek ketika tes pra-musim.

“Kami akan mencoba fokus di kelemahan musim ini yaitu kekurangan grip, jadi di musim selanjutnya kami akan mencoba untuk memperbaikinya,” kata Espargaro.

Sedangkan bagi Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), beradaptasi dengan cepat dengan motor baru menjadi hal yang krusial.

“Itu adalah tujuan utama, mengendari motor dan mencoba mengenal semuanya, bagaimana dia bekerja dan bagaimana tim bekerja,” kata Morbidelli.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)