Jakarta, aktual.com – Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, masih dipenuhi penumpang arus balik Lebaran 2019 hingga H+7 atau Kamis siang (13/6).

Pantauan di lokasi, bus-bus antarkota, di antaranya jurusan Merak (Banten) atau Garut, Jawa Barat, yang berdatangan ke terminal masih cukup terisi para penumpang yang baru kembali dari kampung halaman mereka.

Berdasarkan data angkutan Lebaran 2019/1440 H, sebanyak 22.088 penumpang kembali ke ibukota melalui Terminal Bus Kampung Rambutan pada H+6 atau Rabu (12/6).

Jumlah tersebut hanya beda tipis dengan hari sebelumnya atau H+5 (Selasa, 11/6) di mana terdapat 22.004 penumpang yang tiba di terminal tersebut.

Ada pun hingga sepekan sejak Lebaran, puncak arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan tercatat jatuh pada H+3 atau Minggu (9/6) dengan kedatangan 24.295 penumpang.

Salah seorang pemudik, Maryani (45) mengaku baru kembali ke Jakarta setelah menghabiskan waktu mudik di kampung halamannya di Balaraja, Banten.

“Suami sudah kembali lebih awal, saya menyusul dengan anak-anak karena mereka kan masih libur sekolah. Ayahnya sudah masuk sejak Senin,” katanya.

Sementara Agus (28) yang kembali dari Garut, memilih kembali ke Jakarta pada Kamis karena baru akan mulai masuk kerja kembali pada Senin pekan depan. “Kerja lagi minggu depan, jadi balik dari sekarang biar bisa siap-siap,” katanya.

Ant.

(Zaenal Arifin)