Maulana Syekh Dr Yusri Rusydi Sayyid Jabr Al Hasani didampingi Khodimu Zawiyah Arraudhah KH Muhammad Danial Nafis dan jemaah melaksanakan Dzikir dan Sholawat usai acara Multaqo al-'Ilmi Wa Adz-Dzikr al Alami di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018). Hadroh Usbuiyah li Thariqati Shiddiqiyah Syadzilliyah ini dilaksanakan rutin setiap Kamis malam di Zawiyah Arraudhah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala dalam pengajian kitab Bukharinya menjelaskan bahwa seorang mukmin harus percaya dan yakin akan rahmat Allah Swt dalam segala keadaan.

“Ketika Allah Swt memberimu, maka Allah Swt telah menampakkan Sifat Bir (Baik) Nya kepadamu, dan ketika Allah Swt menghalangimu dari sesuatu, maka Allah telah menampakkan Sifat Qahr (Memaksa) Nya kepadamu.

Allah Ta’ala dalam segala keadaan selalu mengenalkan DzatNya kepadamu, dan memberikan kasih sayangNya kepadamu”, sebagaimana telah dikatakan oleh sidy Ahmad bin Athaillah As Sakandari Ra dalam kitab hikamnya.

Imam Bukhari Ra meriwayatkan, bahwa suatu ketika ada seorang perempuan tawan perang yang dijumpai oleh Baginda Nabi Saw.

Setiap kali melihat bayi, maka ia langsung menggendong dan memberikan susunya kepadanya. Melihat pemandangan yang seperti ini, Bagindapun berkata kepada para sahabatnya: ” apakah pernah terbayang di benak kalian, bahwa perempuan ini akankah melempar anaknya ke dalam api? “.

(Andy Abdul Hamid)