Maulana Syekh Dr. Yusri Rusydi Sayyid Jabr al-Hasani membaiat thariqoh Shiddiqiah, Darqawiah, Syadziliah usai acara Maulid baginda Nabi Muhammad SAW di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018) malam. Syekh Yusri mengingatkan kepada jamaah yang telah di baiat untuk mengikuti Hadroh Usbuiyah setiap Kamis malam di Zawiyah Arraudhah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala dalam pengajian kitab Bukharinya menjelaskan bahwa ada tiga hal yang apabila ada pada diri sesorang, maka akan dikhawatirkan ia mati dalam keadaan su’ul khatimah, wal ‘iyadzu billah. Ketiga hal tersebut adalah merupakan tanda-tanda dari orang yang munafik.

Imam Bukhari Ra meriwayatkan, bahwa Baginda Nabi Saw bersabda:

” آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ ”

Artinya: “Tanda-tanda orang munafiq ada tiga, yaitu ketika ia berkata maka berdusta, ketika ia berjanji maka ingkar, dan ketika dipercaya maka ia berkhianat “. (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain Imam Bukhari Ra menyebutkan:

” وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ ”

Arti:nya ” dan apabila ia bermusuhan, maka ia akan berbuat dzalim “.

Syekh Yusri menambahkan, bahwa nifaq yang dimaksud pada hadits ini adalah merupakan nifaq amali (nifaq yang bersifat perbuatan, bukan keyakinan), sehingga membuat seseorang menjadi fasiq.

(Abdul Hamid)