Kuala Lumpur, Aktual.com – Perpolitikan Malysia kembali dihebohkan. Setelah sebelumnya beredar video hubungan sesama jenis yang diduga dilakukan oleh Menteri urusan Ekonomi, Mohamad Azmin Ali dengan seorang kader PKR, kini seorang perempuan transgender membuat heboh netizen Malaysia karena dilantik menjadi anggota sebuah komisi di bawah Kementerian Kesehatan.

Para wartawan setempat pun meminta komentar Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengenai transgender cantik bernama Rania Zara Medina itu. “Transgender apa? Apa kalian sudah memeriksa dia? Apa dia benar-benar transgender?” kata Mahathir menjawab wartawan seperti dilansir media setempat, Rabu (10/7).

“Saya tidak tahu apakah dia transgender. Saya belum bertemu dia,” kata Mahathir yang sedang merayakan hari Ulang Tahun dirinya ke-93 tersebut.

Rania menghebohkan media sosial di Malaysia setelah dipilih menjadi salah satu anggota dalam komisi Country Coordinating Mechanism (CCM), badan pemerintah yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia. Rania ditunjuk untuk mewakili komunitas transgender dalam komisi tersebut untuk periode 2019-2021.

Pelantikannya viral di media sosial setelah Rania mengunggah surat penunjukannya, yang ditandatangani oleh Deputi Menteri Kesehatan Dr Lee Boon Chye. Penunjukan tersebut menuai kritikan dari sejumlah kalangan, meski sebagian juga mendukungnya.

(Arbie Marwan)