Jakarta, Aktual.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari baret ungu (Marinir) turun tangan ke lokasi kericuhan di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, pada Kamis (23/5), dini hari. 
Lokasi ini semula sempat bergojolak antara massa pendemo tolak pemilu curang oleh KPU dengan aparat kepolisian. Namun, puluhan prajurit Marinir mampu meredam tensi massa aksi 22 Mei 2019 tersebut. 
Para anggota Marinir tersebut terpantau berbaur dengan massa aksi sekitar pukul 02.00 WIB. Bahkan, Marinir siap memfasilitasi massa aksi 22 Mei untuk pulang kerumahnya masing-masing. 
“Hayo siapa yang mau pulang nanti kita siapkan kendaraan. Kalau masih disini juga gak apa-apa,” ucap salah seorang personel baret ungu kepada peserta aksi. 
Tensi ketegangan di Jalan Sabang yang sempat terjadi antara massa aksi dengan pihak kepolisian mereda setelah kehadiran anggota Marinir. 
Dari pantauan aktual, anggota Marinir tersebut tampak persuasif meredam ratusan demonstran yang bertahan. 
Sebelumnya, para massa aksi yang masih bertahan di Jalan Wahid Hasyim hingga belakang Gedung Sarinah dipukul mundur secara membabi buta oleh pihak kepolisian. Pihak kepolisian memukul mundur dengan menembakkan gas air mata hingga melakukan pengejaran. 
(Fadlan Butho)