Sejumlah tokoh hadiri Deklarasi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat

Jakarta, aktual.com – Deklarasi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat dihadiri beberapa tokoh pendukung Prabowo Subianto, di antaranya Amien Aris, Marwan Batubara dan Tedjo Edhy Purdijatno.

Selain itu, juga hadir tokoh yang selama ini kritis terhadap pemerintahan Jokowi, diantaranya Natalius Pigai, Zeng Wei Jian, ketua FPI Sobri Lubis, Sekjend FUI Sekjen FUI Al-Khaththath serta Titiek Soeharto.

Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat diiniasi oleh Marwan Batubara bersama relawan Prabowo-Sandi di Rumah Perjuangan Rakyat Menteng, Jumat (17/05).

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memimpin deklarasi tersebut, dalam sambutannya, mantan Ketua MPR itu menyatakan mengganti istilah people power dengan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat. Hal ini dikarenakan pemerintah dianggap takut dengan istilah people power dan disamakan dengan makar.

“Semula saya menyatakan akan adakan people power, namun istilah itu sekarang saya ganti dengan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR). Saya ganti, karena itu bahasa asing”, demikian tuturnya.

Acara yang semula akan diadakan di Sekretariat Nasional di Jalan HOS Cokroaminoto nomor 93 itu dipindah ke Rumah Perjuangan Rakyat di wilayah Menteng.

Acara dipandu oleh Ahmad Yani, mantan politisi PPP yang periode ini tidak duduk di Senayan.

Selain orasi para tokoh, kegiatan ini diakhiri dengan lagu dari tokoh milenal dan ditutup dengan deklarasi Gerakan Kedaulatan Rakyat.

(Arbie Marwan)