Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno saat berpidato didepan pendukungnya saat kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Kampanye tersebut diikuti ribuan simpatisan pendukung Prabowo-Sandi. AKTUAL/Tino Oktaviano

Banjarmasin, Aktual.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di bulan suci Ramadhan.

“Mudah-mudahan menjadi sebuah harapan kita bersama agar Ukhuwah Islamiyah dan silaturahim ditingkatkan khususnya di bulan puasa ini,” ucap Sandi di Banjarmasin, Sabtu (11/5).

Ditemui wartawan usai berbuka puasa bersama di Masjid Jami Banjarmasin, Sandi berpesan kepada masyarakat  untuk berikhtiar agar ekonomi bisa lebih baik.

“Sekarang masyarakat banyak mengeluh. Semua berharap lapangan pekerjaan bisa terbuka, harga komunitas turun,” tuturnya.

Cawapres dari Capres Prabowo Subianto itupun berharap harga sembako tidak mengalami lonjakan selama Ramadhan dan juga Lebaran nanti, sehingga tidak membebani masyarakat.

Disinggung proses rekapitulasi penghitungan suara yang sedang berjalan, Sandi mengaku terus mengikutinya. Bahkan dia sudah tahu bahwa di Kalsel sudah finalisasi dan untuk nasional dia menyatakan akan mengawalnya terus agar pemilu jujur dan adil.

Di sisi lain, kehadiran Sandi membuat masyarakat antusias berebut ingin mendekat. Sandi mengaku senang bisa merasakan tradisi berbuka puasa orang Banjar di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hidangan sederhana bubur sop disantapnya dengan lahap ketika berbaur dengan masyarakat yang memenuhi acara berbuka puasa bersama di Masjid Jami Banjarmasin yang merupakan masjid bersejarah dibangun tahun 1777.

“Saya mencoba bubur sop enak sekali. Tradisi masyarakat Banjar dalam berbuka puasa bersama ini harus terus dilestarikan sebagai kearifan lokal,” tandas Sandi sembari membeberkan jika dia juga ingin mencicipi kuliner khas Soto Banjar sebelum bertolak kembali menuju Bandara Syamsudin Noor pada Sabtu malam.

Kunjungan Sandi di Banjarmasin sendiri hanya berlangsung singkat. Saat tiba di Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru pada Sabtu siang, dia menuju kediaman Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Selatan H Abidin HH di Pulau Sari, Kabupaten Tanah Laut.

Kemudian dilanjutkan konsolidasi di Kantor Pemenangan BPP di Jalan Ahmad Yani Km 13.2 Gambut, Kabupaten Banjar, sebelum menuju Masjid Jami Banjarmasin untuk berbuka puasa bersama masyarakat.

antara

(Arbie Marwan)