Jakarta, Aktual.com – Sekitar 400 warga negara Indonesia (WNI), yang terdiri atas sekitar 300 warga Muslim dan warga beragama lain merayakan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah bersama-sama dengan semangat kebhinnekaan di Wisma Indonesia di San Fransisco, Amerika Serikat.

“Warga Indonesia di San Francisco Bay Area dan kota lain memadati Wisma Indonesia untuk melaksanakan shalat Id dan merayakan Idul Fitri bersama,” demikian disampaikan dalam keterangan tertulis KJRI San Fransisco yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/6).

Acara yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Fransisco itu diisi dengan khutbah dengan Ustadz Adi Sumandi dari Sacramento bertindak selaku imam.

Di antara jamaah, hadir pula mantan Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo, masyarakat Muslim dari negara lain, bahkan masyarakat Muslim dari negara bagian Oregon yang rela menempuh perjalanan darat selama lima jam untuk menghadiri acara perayaan Idul Fitri bersama tersebut.

“Selamat Idul Fitri kepada masyarakat Muslim Indonesia dan sekaligus juga kami mengundang seluruh warga Indonesia lain untuk bersilaturahmi, merayakan hari raya Idul Fitri bersama-sama dengan saudara sebangsa dan se-Tanah Air,” ujar Simon D.I Soekarno, Konsul Jenderal RI di San Fransisco.

(Abdul Hamid)