“Jadi kematian karena kelelahan saya belum pernah ketemu. Saya ini sudah 22 tahun jadi dokter belum pernah saya ketemu adalah penyebab kematian karena kelelahan,” imbuh dokter Ani Hasibuan.

Namun, berbeda kasusnya ketika ada seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis lalu meninggal akibat kelelahan. Sebab menurutnya, kelelahan itu bisa memicu penyakit kronisnya itu muncul.

“Kalau dia ada gangguan jantung di awal, oke. Kemudian fisiknya diforsir kemudian sakit jantungnya terpicu dia meninggal, karena jantungnya dong bukan karena kelelahan,” kata Ani.

Ani Hasibuan pun mengungkap analisa selanjutnya berkenaan dengan penyebab kematian seseorang. Lantas dengan tegas, dokter Ani menyebut bahwa kelelahan sejatinya tidak bisa secara langsung membuat seseorang meninggal.

“(Beban kerja, kondisi fisik bisa jadi pemicu meninggal ?) pemicu kalau dia punya penyakit. Misalnya ada orang dengan tumor otak, tapi beban kerjanya besar, mikir, psikis yaudah ada masalah di neurotransmitir. Bukan karena capeknya,” kata dia.

“(Kelalahan bisa membuat orang meninggal ?) Tidak,” kata Ani.

(Abdul Hamid)