Sukabumi, Aktual.com – Puluhan warga Kampung Bojongkawung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat diduga keracunan makanan yang dibagikan oleh salah seorang warga yang melaksanakan acara Tahlilan.

“Ada sekitar 89 warga Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak yang keracunan makanan tersebut, kejadian ini usai warga menyantap makanan yang dibagikan salah seorang warga saat Tahlilan pada Minggu, (17/1) malam,” kata Seketaris Desa Girijaya, Iis Nuraliyah di Sukabumi, Senin (18/1).

Dia menjelaskan, sejak Minggu (17/1) malam hingga Senin (18/1) siang warga yang datang ke Puskesmas maupun tempat pelayanan kesehatan lainnya terus bertambah.

Mayoritas masyarakat yang mengalami gejala keracunan seperti buang air besar, muntah, pusing, bahkan ada yang sampai pingsan.

Sebelum dibawa ke pusat pelayanan kesehatan mayoritas warga memilih berobat seadanya di rumahnya masing-masing, tetapi karena kondisi kesehatannya terus turun maka pihak desa mengimbau warga untuk berobat ke Puskesmas.

Guna mempercepat penanganan medis, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Nagrak, karena hingga Senin siang ini kondisi warga yang diduga mengalami keracunan mayoritas belum pulih. Bahkan, sebagian harus diinfus karena banyak kehilangan cairan.

“Ada 11 warga yang terpaksa dirujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak karena kondisinya sangat lemah,” tambah Iis.

()