Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo memberikan sambutan saat peluncuran buku Komunikasi Politik Jokowi di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (9/3). Buku tersebut mengupas bahasa komunikasi politik Presiden Jokowi yang lebih banyak menggunakan langkah nyata untuk melawan serangan politik dari pihak lain. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai peristiwa meninggalnya sejumlah anggota penyelenggara pemilu 2019 KPPS dan aparat lainnya yang mengalami sakit menjadi bahan evaluasi bagi penyelenggara pemilu. Ia berharap gelaran Pemilu di tahun-tahun mendatang terselenggara lebih baik.

“Berbagai catatan penting tersebut akan menjadi bahan masukan dalam rapat kerja DPR RI dengan KPU, TNI, Polri, maupun pihak pemerintah lainnya,” katanya, Selasa (23/4).

Menurut Bamsoet sapaan Bambang bahwa peristiwa tersebut menjadikan bahan renungan bagi penyelenggara pemilu. Selain itu, kata Bamsoet perbaikan sistem juga perlu dibenahi mulai dari hulu hingga hilir.

“Kita ingin agar penyelenggaraan Pemilu kedepannya berjalan lebih baik lagi, karena itu perbaikan sistem mutlak harus dilakukan. Pembenahan akan dilakukan mulai dari hulu hingga hilir. Terutama yang menyangkut keselamatan dan perlindungan petugas di lapangan,” pungkasnya.

(Abdul Hamid)