Jakarta, Aktual.com – Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyatakan massa aksi yang melakukan rusuh di Jakarta dini hari tadi ternyata datang dari luar daerah. Bahkan polisi mendapatkan amplop berisi uang.

Iqbal menambahkan ada indikasi bahwa massa tersebut adalah orang bayaran, dan kerusuhan ini merupakan settingan.

“Sewaktu pendorongan, massa tersebut pecah menjadi dua, ada yang ke arah Sabang, ada yang ke arah diduga ke beberapa gang-gang kecil, ke beberapa gang-gang kecil, dan sekira pukul 02.45 WIB, ada sekelompok massa lagi yang lain daripada massa tadi. Massa yang tadi sudah terurai oleh petugas,” kata M Iqbal di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

Iqbal menyebut Polda Metro Jaya sudah berhasil mengamankan 58 provokator. Ke-58 provokator itu sedang didalami petugas. Namun, ada dugaan massa tersebut berasal dari luar Jakarta.

“Dugaan sementara, mayoritas massa tersebut dari luar Jakarta, mayoritas dan kita menemukan beberapa indikasi, nanti saya sampaikan, ada indikasi-indikasi,” ucap Iqbal.

“Pada saat bersamaan, pada pukul 03.00 WIB tersebut, ada lebih kurang 200 massa yang berkumpul di KS Tubun. Memang kita massa banyak, kalau kita duga massa tersebut sudah dipersiapkan dan disetting,” ucap Iqbal.

(Arbie Marwan)