Hanoi, Aktual.com – Polisi di Vietnam menangkap dua mantan menteri informasi pada Sabtu atas kecurigaan salah dalam mengelola dana masyarakat.

Nguyen Bac Son dan Truong Minh Tuan ditangkap atas kecurigaan salah urus dan pelanggaran terkait penggunaan dana tersebut, kata mereka.

Vietnam yang diperintah komunis melakukan tindakan keras terkait korupsi yang telah mengirim seorang anggota polibiro ke penjara dan banyak pejabat senior lain mendekam di lembaga pemasyarakatan atau dalam proses peradilan di berbagai sektor.

Kejujuran Rakyat Tertinggi mengeluarkan perintah penuntutan atas Son dan Tuan pada Sabtu karena “pelanggaran peraturan mengenai manajemen dan penggunaan dana masyarakat yang menyebabkan konsekuensi serius,” kata polisi.

Kabar mengenai penangkapan tersebut terjadi ketika media turun ke Hanoi untuk meliput pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang dijadwalkan pada 27 dan 28 Februari. Kedua pemimpin itu telah bertemu di Singapura pada Juni lalu.

Son adalah menteri informasi Vietnam untuk kurun waktu tahun 2011-2016 dan Tuan menjabat posisi itu pada tahun 2016 hingga tahun lalu ketika ia dicopot karena salah urus perusahaan telekom negara MobiFone.

(Abdul Hamid)