Indra Sjafri

Jakarta, Aktual.com – Tim nasional (timnas) sepak bola U-19 Indonesia terus memperkuat pertahanan dan mengantsipasi situasi bola mati agar tidak membawa hasil negatif dari laga kontra Taiwan di Grup A Piala U-19 Asia 2018, Kamis (18/10) besok.

Pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menyebut, dirinya tidak ingin kondisi seperti tiga laga uji coba terakhir timnas U-19 menghadapi China, Arab Saudi dan Yordania terulang.

“Akhir-akhir ini kami terus memperbaiki kualitas pertahanan, selain mengantisipasi bola mati. Kami akan mengulang sesi ini dalam latihan,” ujar Indra Sjafri usai konferensi pers pra-laga Grup A Piala U-19 Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (17/10).

Di tiga laga persahabatan terkininya, timnas Indonesia meraih satu kemenangan (atas Yordania dengan skor 3-2) dan sisanya berakhir dengan kekalahan (dari China 0-3 dan Arab Saudi 1-2).

Ketika takluk dari China, dua dari tiga gol diciptakan dari situasi bola mati yakni tendangan sudut. Sementara Arab Saudi mencetak gol kemenangan dari tendangan penalti ketika skor sejatinya sudah imbang 1-1.

Terakhir, kala mengandaskan perlawanan Yordania, laga hampir saja tuntas dengan hasil imbang karena skuat berjuluk Garuda Nusantara itu kebobolan dua gol pada 10 menit terakhir pertandingan.

“Ini memang menjadi catatan kami,” tutur Indra.

Meski demikian, timnas U-19 Indonesia tetap menargetkan kemenangan atas Taiwan. Indra menyebut seluruh pemainnya dalam kondisi prima untuk laga perdana mereka di Piala U-19 Asia.

Bagi timnas U-19 Indonesia, tiga poin dari pertandingan pertama sangat berarti karena akan membuka jalan mereka lolos dari Grup A dan memperbesar peluang ke semifinal yang menjadi syarat ke Piala U-20 Dunia tahun 2019 di Polandia.

“Kami ingin lolos ke empat besar dan membuat sepak bola Indonesia naik level. Kami semakin termotivasi karena kita menjadi tuan rumah dan akan bermain di hadapan ribuan suporter,” tutur Indra.

Pertandingan Grup A Piala U-19 Asia 2018 berlangsung pada Kamis (18/10) mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sebelumnya, Grup A akan terlebih dahulu mempertandingkan Uni Emirat Arab kontra Qatar di hari yang sama mulai pukul 16.00 WIB juga di SUGBK.

Ant.

(Teuku Wildan)