Normalisasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi Kali Ciliwung. Karena kali mengalami pendangkalan akibat sedimen lumpur dan sampah. Puluhan alat berat diterjunkan untuk melakukan pengerukan hingga kedalaman tiga meter. Selain itu, bagian turap kali juga diperbaiki. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan pengurangan sampah plastik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar aksi bebersih Sungai Ciliwung yang berlangsung di 33 kecamatan sepanjang Sungai Ciliwung, dengan jumlah peserta tercatat mencapai 9.300 orang.

“Jumlah peserta melebihi target 8.000 orang, karena yang sudah teregistrasi sebanyak 9.300 orang,” kata Panitia Penyelenggara, Direktur Jendera Pengendalian dan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK M.R Karliansyah, di sela-sela pembukaan kegiatan Bebersih Ciliwung di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/6).

Karliansyah mengatakan para peserta ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari anggota komunitas peduli sungai dan lingkungan, pegawai KLHK dan pemerintah daerah, Pramuka, masyarakat dan perusahaan.

Ia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah kampanye edukasi lingkungan, peran aktif masyarakat, penjaringan kemitraan antara pemerintahan dan perusahaan.

Di 33 lokasi kegiatan ada penyiaran secara langsung di Sempur, Kota Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, Panus dan Tanah Abang, DKI Jakarta.

(Abdul Hamid)