Jakarta, Aktual.com — Ajang Festival Petualang Nusantara (FPN) yang bakal digelar di Pantai Guci Batu Kapal, Kalianda, Lampung Selatan, dan anak Gunung Krakatau, 15-17 Agustus 2015, untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

“Ini kali pertama FPN yang dilaksanakan di tepi pantai. Merupakan suasana yang berbeda dengan sebelumnya, yang selalu diselenggarakan di lereng gunung,” kata Ketua Penyelenggara FPN Aji Rachmat, Sabtu (1/8).

Aji Rachmat memaparkan, FPN tahun 2015 ini bertajuk “Satukan Tekad, Jaga Lestari Alam Nusantara” yang dinilai selaras dengan tujuan kegiatan tersebut sebagai ruang berbagi para petualang untuk berkomitmen menjaga kelestarian alam Indonesia.

Selain itu, ujar dia, seorang petualang sembari menambah kawan dan menjaga kelestarian lingkungan juga membutuhkan keterampilan dan wawasan guna mendukung kelancaran aktivitas yang dilakukannya.

“Mengikuti Festival Petualang Nusantara berarti menambah kesempatan untuk menerima transfer pengalaman dari petualang senior dan menambah kawan seperjalanan,” tutur Rachmat.

Ia mengungkapkan, para peserta akan berkumpul dan berkemah di area pantai dan mengukuti serangkaian kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Bentuk kegiatan beragam antara lain berkemah, mendaki Gunung Rajabasa, lomba fotografi alam liar, “fun orienteering” dan bersepeda santai di kawasan tepi pantai.

FPN juga dilengkapi oleh bazaar alat-alat kegiatan alam bebas, kampung komunitas, serta Festival “Aksi Muda Nusantara” yang memberikan beragam hiburan serta informasi, seperti talkshow dari berbagai inspirator perubahan di Indonesia.

Sedangkan puncak acara dari FPN adalah Upacara Hari Kemerdekaan RI yang ke 70, pada 17 Agustus 2015 di tepi pantai serta pengibaran 70 bendera merah putih di Anak Krakatau “Ada upacara 17 Agustus di Anak Krakatau,” ucap Ketua Penyelenggara FPN.

Sebagai bentuk kepedulian FPN kepada masyarakat kawasan wisata Pantai Guci, Kalianda, peserta FPN memberikan dukungan aktivitas seperti penanaman pohon, sumbangan buku dan alat permainan anak, sapu bersih sampah, dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar.

FPN pertama kalinya digelar Tahun 2010 di Kaliadem, Lereng Merapi, kemudian di tahun kedua FPN diselenggarakan Tahun 2011 di Coban Rondo, Batu Malang, dan terakhir FPN yang ketiga diselenggarakan di Baturaden Jawa Tengah pada tahun 2013.

(Ant)

()