Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi melakukan longmarch memperingati Hari Buruh sedunia (May Day) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (1/5). Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2018, ribuan buruh berunjukrasa menuntut hak-hak atas kesejahteraannya. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan, rekayasa arus lalu-lintas di Jakarta saat perayaan Hari Buruh Dunia atau May Day, Rabu ini, bersifat fleksibel.

“Rekayasa lalu-lintas di sekitar titik kumpul massa, penutupan dan pengalihan arusnya fleksibel dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi arus dan kebutuhan,” kata Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf, dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu (1/5).

Diperkirakan, lebih dari 30.000 buruh yang akan datang ke Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Dunia itu di dua titik, yaitu Istana Merdeka dan Istora Senayan atau Lapangan Tenis Dalam Ruang, Senayan, yang berdekatan dengan Gedung Parlemen, tempat semua wakil rakyat berkantor.

Puluhan ribu personel gabungan melibatkan TNI, polisi, Dishub DKI Jaya, dan Ditlantas Polda Metro Jaya, disiagakan untuk mengawal jalannya Hari Buruh Dunia, di Jakarta.

Secara rinci mereka terdiri dari 25.000 personel akan disiagakan di sekitar Istana Merdeka, dan sekitar 1.500 disiagakan di sekitar Istora Senayan atau Lapangan Tenis Dalam Ruang Senayan.

(Abdul Hamid)