Libur Lebaran berakhir, pemudik padati Terminal Kampung Rambutan. Ribuan pemudik kembali ke Ibu Kota melalui Terminal Kampung Rambutan sebelum memulai rutinitasnya pada esok hari. AKTUAL/Munzir

Bekasi, Aktual.com – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meminta para pendatang baru yang ingin menetap di wilayahnya membekali diri dengan dokumen kependudukan dan ketrampilan khusus.

“Itu sudah tradisi, warga kita sekembalinya dari kampung membawa kerabat atau teman ke sini. Kita tidak melarang, namun ajaklah mereka yang memiliki ketrampilan khusus, terutama yang di kita belum bisa ada resource (sumber daya). Kalau masih bisa di-handle (tangani) sama orang Bekasi ya cukup orang kita saja,” kata Eka saat dihubungi, Kamis (13/6).

Eka mengatakan bahwa kota-kota besar seperti Bekasi, Bandung, Surabaya, dan DKI Jakarta biasa menghadapi persoalan berkenaan dengan masuknya pendatang baru dalam jumlah besar.

“Tapi yang jelas kita berharap pemuda-pemudi daerah lain bisa berupaya untuk berkarya di daerahnya masing-masing supaya kami bisa lebih fokus lagi bagaimana caranya mengentaskan pengangguran yang ada,” katanya.

Eka juga berpesan kepada para pendatang yang memasuki wilayahnya agar melengkapi diri dengan dokumen kependudukan dari daerah asal.

(Abdul Hamid)