Jamaah Calon Haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Selasa (9/8). Musim haji 2016 ini Embarkasi Palembang memberangkatkan 5.885 calon haji yang terbagi dalam 14 Kloter asal Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. ANTARA FOTO/ Feny Selly/ama/16

Tangerang, Aktual.com – Pemerintah Kota Tangerang menghibahkan dana Rp1,25 miliar kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk mendukung operasional pelayanan pemberangkatan dan penjemputan jamaah haji.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan bahwa dengan adanya bantuan tersebut maka jamaah haji tidak lagi dibebani biaya transportasi untuk pemberangkatan dan penjemputan.

“Setiap tahun pemda memberikan hibah untuk calon jamaah haji, jadi antar jemputnya pasti dari Pemkot Tangerang,” katanya, Ahad (23/6).

Dia berpesan kepada jamaah haji agar mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh supaya bisa menunaikan ibadah haji dengan baik di Tanah Suci.

“Mudah-mudahan jamaah haji Indonesia, khususnya Kota Tangerang, selalu diberikan kesehatan, kemudahan, dan keselamatan, mulai dari berangkat, di perjalanan, saat melaksanakan ibadah, sampai pulang kembali ke Kota Tangerang, dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Jamaah haji dari Kota Tangerang terdiri atas sekitar 1.900 orang. Dana hibah dari pemerintah kota antara lain akan digunakan untuk menutup ongkos transportasi jamaah dari Kota Tangerang ke Asrama Haji Pondok Gede dan sebaliknya serta pengadaan makanan bagi jamaah dalam perjalanan itu.

(Abdul Hamid)