Mamuju, Aktual.com – Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat menerima bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp655 juta untuk pembinaan keagamaan di Provinsi Sulbar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar Muhdin, di Mamuju, Minggu, mengatakan bantuan dana dari pusat tersebut telah diserahkan lansung melalui Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Abd Malik Haramain, saat berkunjung ke Sulbar.

Ia mengatakan, bantuan sebesar Rp655 juta yang berasal dari Kementerian Agama pusat tersebut di antaranya berasal Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam sebesar Rp555 juta, Dirjen Bimas Katolik Rp25 juta, dan Dirjen Bimas Buddha Rp105 juta.

“Ini sebuah keburuntungan bagi Sulbar mendapatkan sentuhan bantuan dari pusat, sehingga semakin menumbuhkan pembangunan di bidang agama, dan saat ini kerja sama yang baik antara seluruh elemen para tokoh dan pemuka agama masih dalam kondisi aman dan terkendali,” katanya lagi.

Menurut dia, pembangunan di bidang pendidikan merupakan program penting yang mesti dilaksanakan khususnya pembangunan sarana dan prasarana karena diakui sektor pendidikan keagamaan di Provinsi Sulbar butuh sentuhan pembangunan.

Ia menegaskan, pemerintah di Sulbar fokus pada peningkatan pemahaman keagamaan yang moderat kepada ummat beragama, perubahan paradigma pendekatan dalam membangun kerukunan antarumat beragama dengan pendekatan formal struktural dan pendekatan humanis kultural.

“Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB, dialog intern umat beragama, dialog antarumat beragama dengan pemerintah, peningkatan wawasan multikultural bagi tokoh agama, pemuda, pemuka agama, guru, dialog pemuda lintas agama, sangat penting dilaksanakan,” katanya pula.[ant]

(Andy Abdul Hamid)