Jakarta, Aktual.com – Sejumlah pelajar SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, menciptakan aplikasi permainan digital berbasis ponsel pintar untuk mengedukasi masyarakat tentang keragaman budaya lokal di daerah itu.

“Penciptaan permainan digital bernama Rytos ini bertujuan untuk mengenalkan potensi lokal. Aplikasi bisa diunduh langsung di laman Playstore,” kata salah seorang pelajar pembuat game dari SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, Wahfi Udin di Bengkulu, Kamis (8/11).

Dia menuturkan, ide awal pembuatan game ini dilatarbelakangi atas keprihatinan terkait semakin dilupakannya kebudayaan lokal, khususnya tokoh pahlawan super.

“Ada sembilan tokoh pahlawan super yang masing-masing mewakili tiap sejarah kabupaten di Provinsi Bengkulu, di antaranya Putri Gading Cempaka dan Putri Serindang Bulan,” tuturnya.

Untuk mendapatkan kesembilan tokoh pahlawan super itu, pemain harus menyelesaikan kalimat teka-teki. Apabila teka-teki berhasil terjawab hingga level 21, maka seluruh super hero itu akan muncul untuk menjadi karakter utama pemain saat meneruskan tahapan selanjutnya.

(Andy Abdul Hamid)