Jakarta, aktual.com – Sejumlah panggung untuk perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta yang dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia sudah mulai terpasang pada Jumat (21/6) siang.

Sekitar lima panggung yang akan berdiri digunakan untuk acara hiburan pada acara puncak HUT DKI Jakarta yang akan berlangsung pada Sabtu (22/6) malam sejak pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Nampak pekerja masih memasang tiang panggung serta ornamen-ornamen pendukung lainnya. Sementara kondisi arus lalu lintas sedikit terhambat akibat adanya pemasangan panggung tersebut.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Hari Wibowo mengatakan pada malam puncak, Sabtu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan hadir pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Acara ini akan memadukan unsur tradisional Betawi dan kecanggihan teknologi. Perpaduan tersebut ditampilkan melalui tari tradisional, lagu, dan kostum tradisional secara kolosal.

Acara yang menelan anggaran APBD sebesar Rp800 juta tersebut menghadirkan berbagai hiburan musik dan akan dimeriahkan oleh sejumlah artis, seperti Siti Badriah dan Bagindas, serta video mapping.

“Kalau untuk anggaran dari APBD Rp800 juta itu yang ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, sisanya tentu saja ada beberapa sponsor yang terlibat di dalamnya,” kata Hari.

Sementara itu, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Bundaran HI. Penutupan jalan rencananya akan dilakukan pada Jumat pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB untuk kegiatan gladi resik.

Kemudian ruas Jalan Sutan Syahrir mulai ditutup pada pukul 05.00 WIB sampai dengan selesai.

Kemudian Pengalihan arus lalu lintas, kendaraan dari arah Sarinah yang akan belok kiri menuju Jl. Sutan Syahrir dialihkan lurus ke Jl. Imam Bonjol atau Jl. Sudirman dan arus lalu lintas dari arah Jl. Kebon Kacang Raya yang akan lurus menuju Jl. Sutan Syahrir atau Putar Balik menuju Jl. Sudirman dialihkan belok kiri menuju Jl. M.H. Thamrin

Selanjutnya arus lalu lintas dari arah Dukuh Atas yang akan belok kanan menuju Jl. Sutan Syahrir (Bundaran Hotel Indonesia) dialihkan lurus menuju Jl. M.H. Thamrin.

Sedangkan pada Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta untuk penutupan ruas jalan yakni mulai dari ruas Jl. M. H. Thamrin sisi Timur dan Barat (dari Simpang Sarinah sampai Bundaran Hotel Indonesia), ruas Jl. Jenderal Sudirman sisi Barat (dari Dukuh Atas sampai Bundaran Hotel Indonesia).

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di Jakarta Pusat, Kamis menyampaikan, pihaknya juga telah menyiapkan kantong parkir untuk acara Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, yaitu berlokasi di IRTI Monas, Park and Ride Thamrin 10, Jl. Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri.

“Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Sigit.

Ant.

(Zaenal Arifin)