Capres Joko Widodo dan Cawapres KH Ma'ruf Amin menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8). Tes kesehatan ini merupakan salah satu persyaratan Pilpres. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Pakar media sosial Rizal Panji Islami memaparkan data Sasbuzz. Data tersebut menunjukkan Jokowi – Maruf mendominasi kepopuleran atau paling banyak diperbincangkan di semua lini media sosial, seperti Twitter, Facebook, maupun Instagram.

Menurut pendiri PT Sasbuzz Teknologi Internasional itu, berdasarkan rekaman aktivitas akun riil media sosial melalui mesin Sasbuzz pada 29 September-6 Desember 2018, indeks popularitas paslon Jokowi-Maruf di Twitter, Facebook, dan Instragram sangat tinggi dan mendominasi.

“Jokowi-Maruf mendominasi pembicaraan hingga 60% dibandingkan dengan paslon Prabowo-Sandi yang hanya 40%,” kata Rizal di Jakarta, Jumat (6/12).

Dominasi Jokowi atas Prabowo dalam aktivitas media sosial yang dipaparkan oleh Sasbuzz itu selaras dengan angka survei LSI Denny JA yang mencatat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 53,2% pada November 2018, sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi 31,2%.

Adapun, mesin Sasbuzz memiliki validitas tinggi, di mana hanya akun riil yang direkam mesin ini dan menyingkirkan aktivitas akun robot.

(Andy Abdul Hamid)