(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Analis Sosial Universitas Bung Karno (UBK), Muda Saleh mengkritisi sikap Presiden Joko Widodo yang menyatakan perlawanan terhadap pihak-pihak yang dianggapnya telah melakukan fitnah, dan memojokkan dirinya selama ini.

“Pak Jokowi itukan dikenal baik, ramah, loh.. ini saya lihat video yang di Yogyakarta beliau ngamuk, marah dan katakan ‘saya akan lawan’. Yang mau dilawan siapa?,” ujarnya, Minggu (24/3).

Seperti diketahui, dalam video yang beredar, Jokowi mengatakan: “dijelek-jelekkan saya diam, direndah-rendahkan saya diam, dihujat dihina saya juga diam, tetapi hari ini di jogja saya sampaikan saya akan lawan,” ujar Jokowi.

Muda menilai, bahwa hal tersebut mempertontonkan sifat asli Jokowi yang sesungguhnya. “Saya melihat ini soal mental, Jokowi memperlihatkan kalau ia sudah jatuh mentalnya, kemudian dia coba mengajak emosi masyarkat untuk ikut merasakan seperti apa yang ia rasakan, dan ini tontonan yang buruk sebagai kepala negara, padahal orang Solo itu halus-halus.” tambah Muda.

Adapun saat ini menurutnya, Jokowi sedang mengalami depresi tingkat tinggi, hal ini terjadi karena banyak orang-orang disampingnya yang terjerat kasus korupsi dan ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Romy, mantan Ketum PPP ditangkap KPK, karena kasus korupsi, Setya Novanto dan Idrus Marham sudah duluan, kini dibidik Menpora Imam Nahrawi, setelah itu digadang-gadang Cak Imin soal kasus kardus durian, ketum Perindo Harytanoe soal Mobile 8, belum lagi Apel Kebangsaan ala Ganjar Pranowo yang dinilai berlebihan karena menghabiskan dana Rp 18 miliar, ini bisa jadi ketakukan yang sangat berlebihan bagi seorang yang ingin mempertahankan kekuasaan,”ungkapnya.

(Abdul Hamid)