Jakarta, Aktual.com — “Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu.”(QS. Al-Baqarah : 216).

Ulama Mohsen Qara’ati mengatakan, bahwa betapa banyak hal yang tidak kita sukai tetapi ternyata itu baik bagi kita, begitu juga sebaliknya. Betapa banyak sesuatu yang kita sukai namun ternyata itu buruk bagi kita.

Alasan seorang Muslim harus tetap bersyukur, menurut Mohsen, bahwa masih banyak orang lain yang mendapat kesulitan yang lebih berat dibanding kita.

“Bahwa kesulitan akan menambah lebih banyak perhatian kita kepada Allah SWT, bahwa kesulitan akan menghancurkan kesombongan kita serta menghilangkan kekerasan hati kita.”

Mohsen mengatakan, kesulitan akan membuat kita mengingat dan menghargai berbagai nikmat yang telah berlalu. Selanjutnya, kata ia, kesulitan merupakan tebusan bagi dosa-dosa yang kita lakukan.

Banyak yang tidak kita ketahui, tetapi Allah SWT, Maha Mengetahui, untuk itu bersyukurlah ketika seorang Muslim mendapat kesulitan. Kembalikanlah semuanya kepada Allah SWT, Tuhan Maha Segala-galanya. Wallahu A’lam Bishowab. 

()