Jakarta, Aktual.com — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan mengatakan jika 10 bulan atau satu tahun merupakan waktu yang tepat untuk Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet.

“Kalau Oktober (1 tahun) sudah bolehlah, tapi kalau kemarin (baru enam bulan) kan belum-lah,” kata Zulkifli, di Komplek Parlemen , Senayan, Kamis (23/7).

Menurut dia, dalam jangka sekitar waktu 10 bulan sudah dapat dinilai kinerja dari para pembantu presiden sesuai dengan posnya masing-masing. Sehingga, dari segi koordinasi dan program dapat dicermati dan ditindaklanjuti.

“Ini sudah bulan Juli dan hingga oktober sudah satu tahun (pemerintahan), dan dalam wakau itu saya kira sudah mulai mateng. Mestinya, koordinasinya, porgramnya, sudah bisa kompak seharusnya. Kalau belum bisa kompak juga, artinya ada yang keliru (dan perlu diperbaiki),” ucapnya.

Ketua Umum PAN itu tidak menampik jika kemungkinan reshuffle saat ini terbuka lebar.

“Reshuffle itu kan hal yang biasa, dan ini kan hampir setahun. Tetapi harus adil, jangan menteri yang baru selesai nomenklaturnya disatukan. Lalu dinilai, maka tidak pas juga,” tandasnya.

()