Senior Director & Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi bersiap mengangkat bendera start melepas peserta lari Herbalife Run 2017 di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (12/11). Kegiatan rutin ini merupakan yang ke-empat kalinya diikuti oleh 2.700 peserta, kali ini juga melombakan kategori baru Golden Age Group Category 10K dan 5K yang ditujukan mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui olahraga dan asupan nutrisi seimbang sesuai dengan komitmen perusahaan untuk membantu mewujudkan Indonesia sehat dan bugar. AKTUAL/HO

Jakarta, Aktual.com – Berpuasa Ramadhan bukan alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga demi menjaga tubuh tetap bugar dan lemak tidak menumpuk walau seharian tidak makan dan minum.

“Ada yang badannya jadi segar dan tubuhnya jadi nyaman untuk beraktivitas, ada yang jadi lelah dan lebih mudah untuk tidur,” kata konsultan nutrisi Jansen Ongko di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jansen mengatakan setiap orang merasakan efek olahraga yang berbeda-beda.

Bagi orang yang tubuhnya merasa lebih segar dan justru terjaga setelah berolahraga, Jansen menyarankan untuk tidak berolahraga terlalu malam.

“Ganti jadi sore, kalau terlalu malam nanti malah aktif dan tidak bisa tidur,” ujarnya.

Jansen menyarankan seseorang untuk memilih olahraga dengan intensitas rendah bila ingin dilakukan menjelang berbuka puasa. “Seperti jalan kaki. Itu tidak apa-apa sebelum berbuka puasa,” katanya.

(Abdul Hamid)