Foto udara proyek pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (10/1). Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno memastikan proyek pembangunan Massa Rapid Transit (MRT) dapat rampung dan beroperasi pada Maret 2019 mendatang. Konstruksi proyek MRT kini berada di atas 85 persen dan akan uji coba pertama pada Agustus 2018. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa kualitas udara Jakarta masih relatif baik dan sehat.

“Berdasarkan hasil pemantauan udara kota Jakarta, maka kualitas udara Jakarta masih relatif baik dan sehat,” katanya saat membuka acara Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (11/7).

Menteri Siti Nurbaya mengatakan standar kategori relatif baik dan sehat itu jika dibandingkan dengan baku mutu udara ambien nasional, yaitu 65 ug/Nm3.

Sementara jika dibandingkan dengan standar World Health Organisation (WHO) pada angka 25 ug/Nm3, maka kualitas udara Jakarta masuk kategori sedang.

Menteri mengatakan bahwa jika menggunakan data gabungan Air Quality Monitoring System (AQMS) KLHK dan pemerintah DKI Jakarta, maka kualitas udara Jakarta berada pada konsentrasi 39 ug/Nm3 atau pada kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif seperti bayi dan manula.

(Abdul Hamid)