Jakarta, Aktual.com – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan mengisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kesejahteraan sosial menjadi tantangan besar yang dihadapi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sosial.

“Kami sampaikan tantangan-tantangan yang berkaitan dengan NKRI dan kesejahteraan sosial, termasuk sistem penyelenggaraan negara, demokrasinya,” ujarnya, Kamis (7/12).

Menurut Mensos, hal tersebut perlu mendapat perhatian agar pembangunan secara sosial juga bisa lebih baik, sebab saling memiliki keterkaitan.

Seperti pada hasil pemerintahan, yang menjadi wujud dari keberhasilan demokrasi. Agus menilai, bentuk dari hasil demokrasi NKRI tentu juga berkat keberadaan partai politik yang mumpuni, sehingga mempengaruhi hasil pembangunan kesejahteraan sosial.

Partai politik dianggap memiliki peran penting dalam mencetak kader-kader yang bekerja di institusi pemerintahan. Kader-kader tersebut yang akan menduduki beberapa posisi di jajaran eksekutif yang berkaitan langsung dengan pembangunan sosial.

(Andy Abdul Hamid)