Jakarta, Aktual.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menerima kunjungan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang diketuai Haris Pertama di Lantai 10, Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (23/5). 
Menpora Imam Nahrawi menegaskan, KNPI harus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan pemuda dan mahasiswa yang berkualitas. Pemuda dan mahasiswa akan menjadi calon-calon pemimpin di Negara Indonesia. 
Selain itu, Menpora juga meminta KNPI berikan pembekalan kepada pemuda dan mahasiswa, tentang bagaimana melakukan unjukrasa secara damai
“KNPI harus dapat berperan dalam mewujudkan pemuda yang berkualitas. Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara. Berikan pembekalan tentang apa yang bisa dilakukan agar unjukrasa damai,” ujar Menpora.
Pada pertemuan tersebut, Ketua DPP KNPI, Haris Pertama juga menyampaikan seputar masalah kepemudaan yang terjadi sekarang.
Haris memberikan apresiasi kepada pemerintah yang antusias serta menaruh perhatian kepada pemuda di Indonesia. Ia juga berharap program kepemudaan KNPI dapat bersinergi dengan Kemenpora.
“Pertemuan terkait dunia kepemudaan dibawah DPP KNPI. Kita mengapresiasi bagaimana Pak Menteri Imam Nahrawi sangat antusias membenahi dunia kepemudaan. Pak Menteri menerima saya dan jajaran bicara KNPI ke depannya dan juga program kepemudaan yang diadakan KNPI yang bisa disinergikan dengan Kemenpora,” katanya.
Menurut Haris, pihaknya akan mengadakan kegiatan orientasi dan rakernas pada Juni 2019 mendatang di Jakarta dan berharap, Menpora Imam Nahrawi bisa hadir dalam acara tersebut. 
“Pertemuan ini juga sebagai ajang silaturahmi, kebetulan diawal saya terpilih dan pelantikan pada Desember 2018 kemarin, Pak Menteri mengucapkannya dan baru kali ini berjumpa. Nanti setelah Idul Fitri kita ada kegiatan orientasi dan rakernas, kita berharap Pak Menteri nantinya bisa hadir di acara tersebut,” katanya. 
Sementara itu, Sekjen DPP KNPI, Jackson Kumaat menambahkan, dalam orientasi tersebut, pihaknya juga akan memberikan pembekalan bagi para mahasiswa dan pemuda, agar mengerti tentang hak menyampaikan pendapat (unjukrasa) yang damai. Hal tersebut menurutnya, dirasa sangat penting, ditengah maraknya aksi unjukrasa yang berakhir ricuh dan rusuh. Dan akibatnya mencoreng nama pemuda dan mahasiswa.
“Kami akan memberikan pembekalan kepada pemuda dan mahasiswa, tentang bagaimana berunjukrasa yang baik dan damai,” tegasnya.
Hadir dalam pertemuan tersebut, jajaran pengurus DPP KNPI, Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kemenpora Samsudin dan Asdep Organisasi Kepemudaan Kemenpora Abdul Rofur.
(Fadlan Butho)