Jakarta, Aktual.com – Dalam Kajian Kitab Al-Washiyyah As-Shiddiqiyah dan Kitab Minahus Saniyah di Zawiyah Arraudhah Tebet, KH. Muhammad Danial Nafis hafizhahullah menjelaskan pentingnya menjaga hak-hak rububiyyah.

Menurutnya bahwa seorang salik yang tengah meniti jalan spiritual harus senantiasa berusaha dengan penuh kesungguhan (Mujahadah) dalam memerangi hawa nafsu untuk selalu menunaikan perintah-perintah Allah. Bahkan menyibukkan diri dengan ibadah serta memperbanyak amalan-amalan sunnah.

Dengan begitu Ia akan memperoleh apa yang diperoleh hamba-hamba-Nya yang mendapat hidayah-Nya,serta Allah Swt jadikan Ia bersama orang-orang yang telah mencapai tingkatan ihsan, yang merupakan tingkatan paling luhur dalam makrifat kepada Allah ta’ala. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman:

والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين ( العنكبوت ٦٩)

Artinya: “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar bersama orang-orang yang berbuat baik.” QS. Al-Ankabut (29) ayat 69

Seseorang tidak akan meraih kelezatan iman dan keharuman didalam laku thoriqohnya jika ia tidak memulai jalannya dengan mujahadah.

(Abdul Hamid)