Ratusan driver ojek online hadir di lapangan parkir IRT, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018). Kehadiran ratusan ojek online tersebut mempomosikan film Wiro Sableng yang didukung penuh oleh minuman siap saji Panther Energy. Dukungan dari ratusan driver ojek online ini juga dilakukan dalam bentuk pawai untuk Panther Energy × Wiro Sableng. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan regulasi yang mengatur ojek online akan menguntungkan semua pihak, baik itu penyedia aplikasi, pengemudi maupun penumpang.

“Setelah komunikasi intensif dengan aplikator, stakeholder, asosiasi pengemudi, kami laporkan kami akan atur peraturan berazas kesetaraan, keadilan, dan mengedepankan keselamatan,” katanya, Sabtu (12/1).

Menteri Budi mendampingi presiden dalam acara Silaturahmi Nasional Presiden Jokowi dengan Keluarga Besar Pengemudi Online yang dihadiri ribuan orang.

Bagi pengemudi, kata Budi, yang utama adalah faktor keselamatan seperti penggunaan helm dan batas kecepatan dalam berkendara.

Pengemudi ojek online juga mau tak mau menggunakan gawai untuk mendapatkan pesanan, namun tetap harus ada larangan untuk memakai gawai saat berkendara demi keselamatan.

(Abdul Hamid)