(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri mendukung penuh penelitian di sektor pangan. Dirinya yakin peneliti dan perekayasa Indonesia memiliki kemampuan untuk menghasilkan penelitian dan inovasi di sektor pangan.

Megawati Soekarnoputri melakukan panen padi MSP, yang merupakan hasil persilangan bibit padi lokal temuan peneliti Surono Danu.

“Penelitian di sektor pangan merupakan prasyarat penting tercapainya kedaulatan pangan yang merupakan salah satu upaya membumikan Pancasila,” kata Megawati, Kamis (4/4).

Megawati meyakini di periode baru kepemimpinan Jokowi Indonesia akan memasuki era “science based policy”, yaitu kebijakan pembangunan berbasis pada riset dan inovasi nasional.

Konsep ini merupakan tahapan Indonesia Maju sebagai negara industri yang tidak meninggalkan karakter sebagai negara agraris.

Sehingga salah satu prioritas industri dalam Pemerintahan Jokowi selanjutnya adalah di sektor pangan dengan memperkuat posisi petani Indonesia.

Pada pidato singkatnya Megawati Soekarnoputri mengingatkan pula agar seluruh elemen bangsa mempertahankan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia.

(Abdul Hamid)