Moskow, aktual.com – Rusia kemungkinan akan menyerahkan 24 pelaut angkatan laut yang ditangkap di lepas pantai Krimea sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan Ukraina pada akhir tahun ini, kata surat kabar pro-Kremlin yang mengutip sumber diplomatik tinggi Rusia, Jumat (11/1).

Amerika Serikat (AS) dan Uni Erupa (UE) meminta Moskow membebaskan para pelaut yang ditahan itu setelah Rusia menyita tiga kapal dan menangkap personel Angkatan Laut Ukraina.

Rusia mengatakan kapal Ukraina tersebut memasuki perairan mereka secara ilegal. Sebaliknya, Ukraina mengatakan dua kapal kecil dan kapal tunda mereka ditangkap secara ilegal dan menuduh Rusia melakukan agresi militer.

Sumber diplomatik yang tidak disebutkan namanya, yang dikutip Izvestia, mengatakan para pelaut tersebut telah disidangkan di Rusia sebelum perjanjian pertukaran tahanan dibuat, namun ada banyak warga Rusia yang ditahan di Ukraina yang bisa ditukar.

Tanggal persidangannya masih belum ditentukan. Para pelaut Ukraina yang ditahan mengatakan mereka menganggap diri mereka sebagai tahanan perang, status yang ditolak Moskow.

Ant.

(Zaenal Arifin)