Jakarta, Aktual.com — Harga tiket sejumlah maskapai penerbangan dari dan ke Ternate, masih mengalami penaikan pada libur panjang perayaan tahun baru, menyusul tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi udara tersebut.

“Tiket pesawat yang masih ada dari Ternate ke sejumlah kota lainnya di Indonesia, hanya untuk kelas bisnis karena ekonomi semuanya telah habis dibeli,” kata salah seorang pengelola travel di Ternate, Ella Putri, di Ternate, Jumat (1/1).

Harga tiket kelas bisnis itu naik jika dibandingkan dengan harga saat ini untuk Ternate-Jakarta misalnya, pesawat Garuda Indonesia harga tiketnya yang semula Rp1,6 juta naik menjadi Rp2,7 juta.

Begitu pula untuk tiket pesawat Sriwijaya Air rute Ternate-Jakarta yang semula Rp1,9 juta menjadi Rp2,8 juta dan rute Ternate-Makassar naik dari Rp840 ribu menjadi Rp1,4 juta.

Penaikan serupa juga terjadi pada rute jarak dekat, seperti Ternate-Manado untuk pesawat Garuda naik Rp390.000 menjadi Rp675.000, sedangkan Sriwijaya Air naik dari Rp400.000 menjadi Rp800.000 Begitu pula, tiket untuk penerbangan lokal seperti Ternate-Labuha dari Rp375.000 menjadi Rp450.000 dan Ternate-Halmahera Timur mengalami kenaikan mencapai di atas 30 persen.

“Kalau tiket pesawat kelas bisnis yang masih ada, diprakirakan beberapa hari ke depan juga akan habis karena warga Maluku Utara yang ingin mengantarkan anaknya untuk sekolah ke daerah lain banyak da memilih jasa penerbangan,” Ella.

Kendati peminat jasa trasportasi udara untuk hari libur sekolah tahun ajaran 2015/2016 diperkirakan meningkat, perusahan penerbangan nasional yang membuka rute penerbangan dari dan ke Ternate sejauh ini belum merencanakan menambah frekwensi penerbangan.

(Ant)

(Wisnu)