Jakarta, Aktual.com – Kurs dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat pagi, di tengah kenaikan euro setelah Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah dan merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi zona euro yang lebih tinggi untuk tahun ini.

Dalam pernyataan keputusan kebijakan moneternya, ECB mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan suku bunga acuan akan tetap pada level mereka saat ini “setidaknya sampai paruh pertama tahun 2020 dan dalam hal apapun selama diperlukan.”

Keputusan moneter menandai pergeseran dalam panduan ke depan kebijakan moneter ECB. ECB sebelumnya mengatakan akan memperkirakan suku bunga tetap tidak berubah “setidaknya sampai akhir tahun ini.”

ECB juga mempresentasikan revisi perkiraan pertumbuhan ekonomi bagi Zona Euro untuk tahun ini, memproyeksi tingkat 1,2 persen, lebih tinggi dari 1,1 persen dalam perkiraan Maret.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, sebut Xinhua, turun 0,29 persen menjadi 97,0427 pada akhir perdagangan.

(Abdul Hamid)