Jakarta, aktual.com – Menghabiskan libur di luar kota sering kali membutuhkan banyak biaya. Apalagi bila perjalanan dilakukan selama beberapa hari. Dengan segala daya tariknya, Solo menjadi salah satu kawasan di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk Anda yang tengah mencari objek wisata murah di Solo guna menghemat biaya perjalanan, berikut rekomendasinya.

1. Menengok Keindahan Arsitektur Bangunan Keraton Solo
Sebagai salah satu ikon kota Solo, Keraton Solo menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi. Harga tiket per orangnya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp10.000. Kalau ingin mengabadikan momen kunjungan melalui kamera, Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp2.000.

Memasuki bagian keraton, Anda bisa mulai berkeliling ke bangunan keraton seperti Kori Rentang dan Kori Mangu yang punya desain arsitektur tradisional Jawa dengan lantai bermotif yang unik. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Museum Keraton Surakarta Hadiningrat untuk melihat benda-benda khas kerajaan di masa lalu.

2. Berkunjung ke Sentra Pembuatan Batik di Solo, Lawean dan Kauman

Kampung Wisata Batik Kauman.

Tak ada tiket khusus untuk masuk ke kawasan ini. Laweyan dan Kauman merupakan sentra batik terkenal di Solo. Di sana, Anda bisa melihat beragam aktivitas yang berkaitan dengan pembuatan batik. Mulai dari proses pembuatan pola batik, pewarnaan, pencucian, hingga pemasaran. Selain itu, untuk Anda yang mengunjungi Kampung Batik Laweyan, arsitektur bangunan sekitar yang kuno bisa menjadi lokasi berfoto yang unik.

3. Pasar Triwindu: Surganya Barang Antik di Solo
Tempat wisata gratis selanjutnya ialah Pasar Triwindu. Bagi wisatawan yang hobi mengoleksi barang antik, tempat ini dijamin akan membuat Anda bahagia. Bagaimana tidak, pasalnya Pasar Triwindu dikenal sebagai surganya barang antik di Solo.

Berdiri sejak tahun 1939, seluruh barang antik bekas pakai yang dijual di Pasar Triwindu memiliki kondisi yang masih terawat. Jenisnya pun beragam. Ada piring antik, cermin, sepeda, dan koin kuno.

Sementara bagi penikmat fotografi, kawasan ini bisa menjadi lokasi yang tepat untuk berburu foto bertema vintage.

4. Taman Balekambang: Wisata Hutan di Solo

Taman Balekambang

Mencari tempat wisata dengan suasana rindang di Solo? Anda bisa datang ke Taman Balekambang yang berlokasi di kawasan Manahan. Tidak ada tiket masuk di lokasi ini, Anda hanya dikenakan biaya parkir kurang lebih Rp3.000. Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektar, Taman Balekambang tampak sejuk berkat berbagai macam pepohonan yang tumbuh menjulang.

Oh iya, bagi Anda yang berkunjung dengan buah hati, Taman Balekambang juga bisa menjadi sarana edukasi bagi mereka untuk mengenal beberapa jenis satwa. Beberapa jenis satwa yang bisa dijumpai di sini ialah rusa, burung merak, itik, dan iguana raksasa. Untuk pencinta reptil, Taman Balekambang secara khusus menyediakan zona Taman Reptil yang bisa diakses dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.

5. Berburu Batik Murah di Pasar Klewer
Pasar Klewer menjadi ikon kota Solo selain Keraton. Pasar yang dikenal sebagai pusat grosir batik terbesar di Indonesia ini sudah ada sejak 1942. Tak heran bila Pasar Klewer menjadi denyut perekonomian kota Solo. Di lokasi ini Anda bisa menemukan berbagai macam kain batik yang telah dibentuk menjadi beragam model pakaian hingga aksesori. Soal harga, rata-rata batik di Pasar Klewer dibanderol dengan harga terjangkau.

Itulah 5 objek wisata murah di Solo yang wajib Anda kunjungi. Puas berkeliling, Anda tentu membutuhkan penginapan sebagai lokasi untuk beristirahat. Anda bisa menggunakan Airy Rooms sebagai tips jitu pesan hotel dengan harga murah.

Soal fasilitas, Airy Rooms juaranya. Meski menawarkan harga sewa terjangkau tapi seluruh hotel di Solo yang termasuk jaringan hotel Airy Rooms telah dilengkapi dengan 7 layanan sekaligus. Dengan begitu, waktu istirahat akan lebih menyenangkan, bukan?

(Zaenal Arifin)