Jakarta, Aktual.com – Istri solehah merupakan dambaan setiap pria yang beriman. Setiap pria ingin mendapatkan istri yang tidak hanya cantik parasnya saja, melainkan cantik perilakunya juga.

Lalu apa saja kriteria istri solihah dalam Islam.

Dalam Al-Quran, surat An-Nisa ayat 34 dijelaskan kriteria istri yang solehah adalah: ”Dan wanita-wanita yang solehah ialah yang taat kepada Allah, lagi memelihara diri, ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka.”

Sepertinya tidaklah sulit menjadi orang yang termasuk solihah menurut ayat ini, hanya butuh taat, dan menjaga diri,tetapi dalam prakteknya tidaklah sesederhana itu.

Selain itu menurut Ustad Erwin Kurniawan, ada beberapa kriteria lain untuk menjadi istri yang solihah di antaranya haruslah:
1. Muslimah, dalam arti tunduk kepada perintah Allah SWT dan rosulnya.
2. Mukminat, membenarkan perintah dan larangan Allah SWT.
3. Qonitaat, taat kepada Allah dan suami (selama suami dalam ketaatan kepada Allah).
4. Abidat, banyak ibadahnya.

Ust.Erwin menambahkan ada hal-hal lain yang berkaitan dengan muamalah dalam rumah tangga, untuk menjadi istri solihah, yaitu penuh kasih sayang, berkhidmat atau berbakti kepada suami, menjaga rahasia suami, berpenampilan bagus dan rapi dihadapan suami, tidak keluar rumah kecuali dengan izin suami, bersyukur dengan pemberian suami.

Dalam Hadits yang berbunyi:

قال رسول الله ص : لا ينظر الله الي إمرأة لا تشكر لزوجها وهي لا تستغنى عنه

Rasululloh bersabda: Allah swt tidak akan melihat kepada wanita yang tidak berterimakasih kepada suaminya, padahal dia membutuhkannya.(HR.Annasa’i)

 

Laporan: Fikry Hizbullah

()