Jakarta, Aktual.com – Pemudik atau siapa pun yang hendak melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai kendaraan pribadi sebaiknya menggunakan peta digital sebagai acuan dalam menentukan rute perjalanan.

Menurut Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana selaku Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, menggunakan peta digital atau aplikasi ponsel Google Maps yang umum digunakan masyarakat dapat mempermudah perjalanan mudik, setidaknya dalam menentukan rute dan melihat situasi kepadatan lalu lintas.

“Tahap awal untuk membudayakan penggunaan peta digital bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps yang murah, cepat, dan semua bisa mengimplementasikannya,” ujar Chryshnanda dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (8/6)

Chryshnanda mengatakan bukan hanya pemudik yang menggunakan peta digital, pihak kepolisian juga memantau kepadatan lalu lintas melalui sebuah sistem digital guna memudahkan menemukan titik-titik padat kemudian dicairkan.

Chryshnanda mengatakan, pihak Korlantas juga membuat hasil analisa pelayanan mudik lebaran, dengan membangun INTAN (Intelligence Traffic Analysis) sebagai basis modernisasi dari Polantas.

(Abdul Hamid)