Sebanyak 393 calon jemaah haji Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (28/7/2017) pukul 08:30 lewat Bandara Halim Perdanakusuma dan untuk tahun ini, jumlah jemaah haji Embarkasi Pondokgede sebanyak, 24.834 orang atau 63 kloter. Ini terdiri dari Calhaj DKI sebanyak 7.952 orang (21 kloter), Calhaj Banten 9.493 orang atau 24 kloter dan Calhaj Lampung 7.074 orang atau 18 kloter. AKTUAL/Munzir

Jakarta, aktual.com –¬†Koper jamaah haji Indonesia akan diangkut oleh petugas khusus hingga hotel tempat menginap di Arab Saudi, sehingga jamaah tidak perlu mengurus bagasinya saat tiba di bandara¬† Madinah maupun Jeddah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Sri Ilham Lubis kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/5) mengatakan bagasi jamaah akan diurus oleh pihak Maktab Wukala Almuwahhad dan diantar sampai hotel tempat jamaah. Pengurusan bagasi itu dilakukan sejak pengurusan bea cukai.

“Alhamdulillah, telah ditandatangani kontrak angkut bagasi jamaah haji dari bandara Arab Saudi langsung ke hotel. Kontrak ditandatangani pihak Kantor Urusan Haji (KUH) dengan Maktab Wukala Almuwahhad,” kata Sri Ilham.

Selanjutnya, kata dia, pihak Maktab Wukala dan Kemenag akan menyusun prosedur bersama untuk penanganan bagasi jamaah di bandara.

“Kami akan menempatkan petugas khusus di dalam pintu bandara untuk memastikan bagasi terangkut semua ke hotel jamaah,” kata dia.

Menurut Sri Ilham, koper jamaah akan diangkut dengan kendaraan boks khusus. Pada mobil tersebut akan dipasang alat lacak untuk memudahkan penelusuran.

“Apabila ada koper jamaah yang hilang di bandara dan dalam perjalanan, maka akan diberikan asuransi 100 dolar AS,” kata dia.

Ant.

(Zaenal Arifin)