Peserta Festival Budaya Jakarnaval melakukan pawai di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018). Pemprov DKI Jakarta menggelar Festival Budaya Jakarnaval untuk memeriahkan hari ulang tahun DKI Jakarta ke-491. Tema yang diusung tahun ini adalah "The Spirit of Jakarta" dimana tahun ini Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Sebanyak 4.000 peserta ikut memeriahkan Jakarnaval 2018. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Sydney mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia ke murid-murid sekolah saat mengunjungi Sekolah Menengah Atas Woodville di Adelaide, Australia Selatan, dalam program “Indonesia Goes to School” (Indonesia Masuk Sekolah).

KJRI Sydney, dalam pernyataan yang disampaikan melalui layanan pesan singkat, Kamis (20/9), menyatakan bahwa kegiatan promosi tersebut meliputi pertunjukan angklung interaktif oleh Kelompok Adelindo, pentas tari dari daerah Nusa Tenggara Timur oleh para mahasiswa Indonesia dari Universitas Flinders, serta pemutaran video singkat mengenai Indonesia saat ini.

Kepada para siswa dan guru Woodville, Konsul Zani Murnia yang mewakili Konsul Jenderal RI Sydney dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa pertunjukan musik dan tarian bisa menjadi jalan untuk mengenal Indonesia lebih dekat.

“Semoga dengan bermain musik dan menari tarian tradisional Indonesia, dan berbicara dengan orang Indonesia seperti saya, kalian akan semakin berminat untuk belajar tentang budaya Indonesia dan memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai Indonesia,” ujar Konsul Zani Murnia.

SMA Woodville adalah sekolah pemerintah di Adelaide yang mengajarkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Vietnam sebagai mata pelajaran wajib di kelas delapan, setara dengan kelas dua sekolah menengah pertama di Indonesia. Di sekolah itu, Bahasa Indonesia juga menjadi pelajaran pilihan di kelas sembilan.

(Andy Abdul Hamid)