Lebak, Aktual.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) optimistis tradisi perayaan Seba Badui menjadikan destinasi wisata mendunia karena memiliki nilai budaya kearifan lokal yang unik.

Sekretaris Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar Mumus Muslim mengatakan, selama ini, wisata Seba Badui termasuk destinasi wisata yang menarik dan unik di Tanah Air.

Tradisi Seba itu di antara komunitas masyarakat Badui Dalam tersebar di Cikawartana, Cibeo dan Cikeusik berjalan kaki hingga ratusan kilometer.

Kemenpar telah menetapkan Seba Badui masuk 100 destinasi wisata kalender nasional. Karena itu, pihaknya yakin ke depan Seba Badui menjadikan wisata mendunia, sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisata asing ke Indonesia.

Ia mengatakan perayaan Seba Badui yang sudah digelar di Pendopo Pemkab Lebak, Sabtu (4/5) dan Pemprov Banten,Minggu (5/5) dan dihadiri ribuan warga Badui.

Mereka warga Badui turun gunung untuk merayakan tradisi Seba karena kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai titipan leluhur.

Budaya Seba itu untuk menjalin hubungan silatuhrahmi yang baik antara masyarakat Badui dengan pemerintah.

(Abdul Hamid)