Jakarta, Aktual.com – Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi Dasir mengatakan media massa diharapkan tidak provokatif dalam memberitakan isu haji melainkan menginformasikan dan mengedukasi masyarakat perihal kegiatan ibadah haji.

Khoirizi Dasir dalam acara Pembekalan Petugas Media Center Haji 1440 H/2019 di Kantor Kemenag di Jakarta, Senin (24/6), mengatakan peran media massa dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat besar.

“Kehadiran media di tengah operasional ibadah haji dapat memberikan informasi yang faktual sebagai sebuah kebutuhan dalam rangka mengedukasi bukan memprovokasi masyarakat,” katanya.

Khoirizi menilai media massa dapat mengubah gaya hidup atau budaya jemaah dengan cara mempengaruhi cara berpikir jemaah baik secara positif maupun negatif.

Oleh karena itu, ia menilai media massa bertanggung jawab dan mempunyai peran penting terhadap pola pikir dan pola tindak jemaah haji.

“Dan setelah memasuki era kebebasan pers maka keterbukaan informasi menjadi hak jamaah,” katanya.

Untuk kepentingan itu, pihaknya merekrut 30 petugas media center haji (MCH) melalui seleksi wartawan dan fotografer dari berbagai media di seluruh Indonesia.

(Abdul Hamid)