Jamaah Calon Haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Selasa (9/8). Musim haji 2016 ini Embarkasi Palembang memberangkatkan 5.885 calon haji yang terbagi dalam 14 Kloter asal Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. ANTARA FOTO/ Feny Selly/ama/16

Jakarta, Aktual.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh M Daud Pakeh menyatakan butuh waktu 26 tahun bagi masyarakat di provinsi setempat untuk melaksanakan ibadah haji.

“Jika dikalkulasikan dengan daftar tunggu yang ada dengan kuota yang diberikan untuk Aceh tahun ini yakni sebanyak 4.682 jamaah, maka perlu waktu hingga 26 tahun agar bisa menunaikan ibadah haji,” katanya, Sabtu (20/7).

Di sela-sela pelepasan Jamaah Calon Haji Aceh kelompok terbang pertama yang dilakukan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah diwakili Asisten I Setda Aceh, M Jafar, ia menyebutkan jumlah daftar tunggu hingga saat ini di provinsi ujung paling barat Indonesia itu telah mencapai 101.231 calon jamaah.

Menurut dia jumlah tersebut akan terus bertambah karena minat masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk melaksanakan ibadah haji terus bertambah setiap tahunnya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten I Setda Aceh, M Jafar menyatakan pihaknya terus berupaya mendorong Kementerian Agama agar dapat menambah kuota untuk Aceh.

(Abdul Hamid)