Jakarta, aktual.com – Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1440 Hijriah pada Minggu (5/5) sore ini di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, dan dijadwalkan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Sidang akan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan oleh Tim Falakiyah Sidang Isbat Kementerian Agama, kata Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, saat memimpin rapat persiapan sidang Isbat, sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Kemenag.

Setelah pemaparan, usai Maghrib pihaknya akan melaporkan hasil data hisab dan pantauan Rukyatul hilal yang telah dilakukan oleh Tim Kemenag di seluruh Indonesia. “Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pantauan itu, sidang yang melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat akan memutuskan kapan awal Ramadhan. Sidang ini akan dilaksanakan secara tertutup.

Keputusan sidang akan disampaikan dalam konferensi pers oleh Menteri Agama, DPR, serta MUI. Konferensi pers dijadwalkan pada pukul 19.00 WIB.

Ant.

(Zaenal Arifin)